Cara Mengaci Tembok Dengan Mudah, Cepat, Rapi, Anti Retak

August 8, 2017

Mengaci tembok, yaitu melapisi tembok dengan acian, merupakan bagian dari pekerjaan finishing dalam pekerjaan pembuatan tembok. Mengaci tembok umumnya dilakukan setelah pekerjaan plesteran selesai. Tembok diaci agar lebih halus permukaannya dan saat dicat dapat lebih menghemat pemakaian cat.

Dahulu Tak Semudah Sekarang
Dahulu, mengaci tembok bukan pekerjaan yang mudah dilakukan. Hanya tukang berpengalaman yang umumnya memahami cara mengaci tembok yang baik. Pengalaman menjadikan mereka mampu membuat plesteran rata, membuat adukan berkualitas serta mengaplikasikan acian dengan metode-metode yang tepat, sehingga menghasilkan hasil acian yang memuaskan.

Tapi itu dulu. Kini, siapapun dapat mengaci tembok dengan baik, sehingga menghasilkan permukaan yang halus, tanpa retak rambut.

Mudahnya Cara Mengaci Tembok
Rahasianya? Gunakan Acian instan dari Drymix. Bahan bangunan instan unggulan ini telah membuat pekerjaan mengaci tembok jauh lebih mudah dan cepat. Cara mengaci tembok cukup mengikuti langkah-langkah praktis yang dianjurkan oleh Drymix, pelopor dan pemimpin pasar mortar di Indonesia, penyedia solusi untuk material bangunan berkualitas selama ini.

Persiapan Pengacian
Mudahnya cara mengaci tembok menggunakan Acian instan dari Drymix terasa mulai dari persiapan. Drymix menganjurkan menggunakan air yang bersih, bebas dari kotoran. Area yang akan diaplikasikan acian instan juga harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran, seperti debu, minyak, lemak, lilin, cat dan partikel-partikel merugikan lainnya. Sementara untuk permukaan plester yang akan diaplikasikan acian, harus dibasahi terlebih dahulu dengan air bersih yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Pencampuran Material
Masuk ke tahap berikutnya, Drymix menganjurkan untuk mencampur 9-10 liter air bersih dengan 30 kg bubuk Acian Drymix. Pencampuran juga dapat menggunakan perbandingan 1 volume air bersih dengan 2,5 volume bubuk Acian Drymix. Bahan-bahan ini diaduk hingga rata tercampur atau homogen dan membentuk pasta. Hasil adukan kemudian harus diaplikasikan tidak lebih dari 90 menit setelah tercampur rata.

Baca Juga  Dos and Don’ts Cara Plester Dinding Rumah

Pengaplikasian Acian
Menggunakan Acian instan dari Drymix, tahap pengaplikasian jadi jauh lebih mudah dan cepat pelaksanaannya dibanding jika menggunakan acian tradisional. Menggunakan roskam besi, Drymix Acian diaplikasikan ke permukaan plester yang sudah dibasahi dengan ketebalan maksimum 2-3 mm. Dalam kondisi setengah kering, Drymix Acian yang sudah diaplikasikan dihaluskan kembali menggunakan roskam besi. Karena sudah pasti halus, permukaan Drymix Acian tidak perlu digosok dengan kertas semen, amplas atau sejenisnya. Cukup dibiarkan agar mengering minimum selama 5 hari sebelum dilakukan pengecatan. Plamir tidak diperlukan.

Begitulah cara mengaci tembok dengan mudah dan cepat, untuk hasil rapi tanpa retak rambut menggunakan Acian instan dari Drymix.