Plester 2 in 1: Plester Sekaligus Acian

August 8, 2017

Bagi mereka yang menyukai kepraktisan, tentu menyukai konsep 2 in 1 yang memungkinkan seseorang melakukan dua hal sekaligus dalam satu pengerjaan. Kini, konsep 2 in 1 telah merambah ke material bangunan lewat produk Plester Ringan dari Drymix yang sekaligus berfungsi sebagai acian. Produk ini telah membuat pekerjaan plesteran dinding semakin mudah.

Plester Ringan Drymix
Plester Ringan dari Drymix diformulakan untuk menghasilkan plesteran dinding yang halus seperti sehalus acian. Produk ini mempercepat pekerjaan pembuatan dinding dengan menyingkat waktu. Pekerjaan plester dan acian yang sebelumnya dikerjakan terpisah kini dapat selesai sekaligus dalam satu kali pengerjaan.

Persiapan dan Pengaplikasian
Dari mulai persiapan, pencampuran hingga pengaplikasian Plester Ringan Drymix, tak ada satu tahap pun yang rumit dan memakan waktu jika mengikuti instruksi dengan benar. Mulai persiapan dengan menyiapkan air yang bersih, bebas dari asam, alkali dan pengotor lain. Area aplikasi kemudian dibersihkan dari kotoran seperti debu, minyak, lemak, lilin, cat, dan partikel merugikan lainnya. Kepalaan dibuat dan didiamkan selama 1 hari. Kemudian lembapkan permukaan pasangan bata sebelum pengaplikasian Plester Ringan.

Masuk ke tahap pencampuran, buat adukan dengan mencampur bubuk Plester Ringan Drymix dengan air bersih. Perbandingannya 13-14 liter air untuk 50 kg bubuk Plester Ringan Drymix, atau 1 vol air untuk 2,5-3 vol bubuk Plester Ringan Drymix. Aduk di dalam ember dengan mikser selama 3-5 menit hingga tercampur rata dan homogen tanpa gumpalan, dan membentuk pasta. Adukan siap diaplikasikan. Untuk hasil optimal, adukan harus diaplikasikan tidak lebih dari 90 menit. Lebih dari 90 menit adukan yang masih menganggur di ember harus dibuang.

Ketebalan pengaplikasian untuk Drymix Plester Ringan adalah 5-8 mm. Pengaplikasian dilakukan dengan roskam kayu atau roskam besi serata mungkin. Untuk mendapatkan kerataan yang optimal, dapat digunakan jidar. Setelah rata, biarkan hingga mencapai kondisi setengah kering. Kemudian haluskan menggunakan roskam besi hingga didapat permukaan yang halus seperti acian. Biarkan mengering selama 3 hari hingga penguapan air benar-benar selesai, untuk dilanjutkan langsung ke tahap pengecatan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Tembok Retak Akibat Pasir Berkualitas Rendah

Ketebalan yang dianjurkan untuk Drymix Plester Ringan adalah 5-8 mm untuk satu kali aplikasi. Jika menginginkan aplikasi yang lebih tebal, jangan dilakukan sekaligus. Lakukan lapis demi lapis setebal 5-8 mm.

Keunggulan-keunggulan
Ada beberapa keunggulan dari produk Plester Ringan Drymix. Tidak hanya one-coat system yang membuatnya dapat menghasilkan plesteran dinding sehalus acian, tapi juga kepraktisannya yang membuat penggunanya menghemat material, waktu dan tenaga. Campuran semen, filler, agregat halus dan aditifnya diformulasi untuk meningkatkan workability, ketahanan dan daya rekat sehingga meminimalisir munculnya retak rambut dan plesteran dinding tetap halus dalam waktu lama.