APA BENAR BATA RINGAN MAHAL?

Maret 7, 2018

Walaupun bata ringan terbukti memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki bata merah, sebagian orang ternyata masih enggan menggunakannya karena berpikir menggunakan material ini mahal.

Orang berpikir, selain harga bata ringan lebih mahal per buahnya dibandingkan bata merah, bata ringan juga membutuhkan perekat bata ringan yang tidak murah untuk pemasangannya. Sementara bata merah bisa direkatkan hanya menggunakan adukan yang dibuat dari campuran semen, pasir dan air. Juga ada kesan, diperlukan keahlian khusus untuk memasang bata ringan sehingga membuat penggunaan bata ringan dirasa akan mahal dan merepotkan.

Pemikiran ini tentu saja tidak tepat jika dilihat dari perspektif berbeda. Menggunakan bata ringan tidak semahal yang banyak orang kira. Bahkan mungkin lebih hemat. Selain itu, pemasangannya juga mudah dan cepat. Bagaimana caranya?

 

Pemasangan Bata Ringan Lebih Hemat

Memasang bata ringan dapat menghemat biaya konstruksi. Pertama, jika bata merah membutuhkan banyak perekat yang diaplikasikan tebal-tebal sehingga boros bahan untuk pemasangannya, pemasangan bata ringan hanya membutuhkan perekat bata ringan Drymix ThinBed 101 setipis 2-3 mm saja. Ini artinya penghematan perekat.

Kedua, karena ukuran bata ringan lebih besar dibanding bata merah, maka untuk membuat dinding dengan ukuran yang sama, jumlah bata yang dibutuhkan lebih sedikit jika menggunakan bata ringan, dan ini mempercepat pekerjaan pemasangan. Yang berarti, penghematan bahan bangunan dan penghematan waktu kerja tukang.

Ketiga, saat masuk ke pekerjaan plesteran, jika menggunakan bata merah kita harus mengaplikasikan lapisan plester yang tebal untuk memperoleh dinding rata, maka jika menggunakan bata ringan, aplikasi Plester Drymix cukup 5-8 mm saja, tidak sampai 1 cm tebalnya. Ini berarti penghematan material dan waktu kerja tukang. Terbukti bisa berhemat dengan menggunakan bata ringan bukan?

Baca Juga  Pengisi Nat Warna-Warni Ini Membuat Lantai Keramik Makin Menarik

 

Pemasangan Bata Ringan Lebih Mudah

Pemasangan bata ringan juga lebih mudah dibanding memasang bata merah. Pertama karena menyusunnya lebih mudah. Tiap bata ringan ukurannya seragam, sangat presisi serta rata permukaannya sehingga mudah disusun, tidak seperti bata merah. Apalagi jika menggunakan perekat bata ringan Drymix ThinBed 101, yang pembuatan adukannya cukup dengan ditambah air bersih. Memasang bata menjadi luar biasa mudah.

Bata ringan yang lebih ringan dari bata merah juga memperingan beban struktur, tapi tetap menghasilkan dinding yang kuat, rata, halus dan tahan lama.

Tak perlu ragu menggunakan bata ringan untuk pembuatan dinding di rumah Anda. Untuk hasil maksimal, gunakan perekat bata ringan Drymix ThinBed 101.