Apa Itu Mortar Berkualitas?

Maret 27, 2018

Dalam dunia konstruksi modern, mortar berkualitas sudah menjadi salah satu komponen penting yang menentukan kesuksesan dan kecepatan pelaksanaan konstruksi. Tapi apa sih mortar berkualitas itu? Apa arti mortar itu sendiri? Apakah mortar sejenis beton atau semen?

Definisi Mortar

Semen, mortar dan beton adalah tiga hal berbeda, terutama dilihat dari bahan dasarnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), semen adalah adukan kapur dan sebagainya untuk merekatkan batu bata. Sementara menurut KBBI, mortar adalah campuran semen, pasir, dan kapur mati untuk menempelkan batu bata. Beton, sekilas memang mirip mortar tapi komposisinya lebih kompleks, yaitu pasir, kerikil serta agregat lain, air, semen dan terkadang dengan bahan tambahan atau aditif dengan perbandingan tertentu hingga menjadi satu kesatuan yang homogen. Terjadinya reaksi kimia antara semen dengan air akan membuat campuran beton mengeras menyerupai batu.

Dalam dunia bangunan, semen, mortar dan beton dibedakan berdasarkan fungsinya. Di mana semen merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan adukan. Sementara mortar didefinisikan sebagai adukan. Ini bisa berarti bermacam adukan, mulai dari adukan perekat bata ringan, adukan plester, adukan acian hingga adukan perekat keramik semuanya disebut mortar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, beton adalah campuran semen, kerikil, dan pasir yang diaduk dengan air untuk tiang rumah, pilar, dinding, dan sebagainya. Jadi kini cukup jelas bukan perbedaannya?

Ciri Mortar Berkualitas

Mortar berkualitas, jelas bukan adukan biasa. Mortar berkualitas memiliki karakteristiknya sendiri. Pertama, mortar berkualitas memiliki konsistensi campuran yang terus terjaga sehingga selalu menghasilkan workability tinggi. Kedua, karena memiliki workability tinggi, mortar berkualitas dapat mempermudah dan mempercepat pelaksanaan konstruksi, juga meningkatkan kualitas hasil pekerjaan, membuat konstruksi lebih rapi, kuat dan tahan lama.

Baca Juga  Keramik Lepas Atau Meledak Setelah Pemasangan? Ini Cara Mengatasinya

Contoh mortar berkualitas yang dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran adalah mortar produksi Drymix. Mortar produksi Drymix cukup bervariasi diantaranya, Drymix ThinBed 101 yang berfungsi sebagai perekat bata ringan. Untuk pekerjaan plester ada Drymix Plester dan Drymix Plester Ringan yang sekaligus berfungsi sebagai acian. Lalu ada Drymix Acian; Drymix Skimcoat dan Drymix Skimkot Putih yang berfungsi seperti acian tapi langsung membuat tembok putih sehingga menghemat pemakaian cat.

Drymix juga memproduksi mortar berkualitas untuk pembuatan lantai. Drymix Floor Screed berfungsi sebagai perata lantai, penambah ketinggian lantai atau sebagai lantai kerja sebelum pemasangan keramik. Drymix Tile Adhesive Standard berfungsi sebagai perekat berbagai jenis tile termasuk keramik. Sementara Drymix Tile Adhesive Plus merupakan perekat berbagai jenis tile yang sangat merekat kuat di daerah basah. Terakhir, Drymix Sanitized Tile Grout merupakan pengisi nat keramik colorful yang dilengkapi teknologi anti jamur dan bakteri dari Swiss.

Untuk pekerjaan teknis, Drymix memproduksi Drymix Concrete Fill, yang sangat direkomendasikan untuk perbaikan pada permukaan beton atau pelapis awal pekerjaan plesteran pada permukaan beton. Selain itu ada Drymix Concrete Fill K-350, yang juga digunakan untuk perbaikan pada permukaan beton setara mutu K-350. Semua produk ini, mampu mempermudah dan mempercepat pelaksanaan konstruksi dan memberikan kualitas hasil pekerjaan yang sangat memuaskan. Jika Anda mencari mortar berkualitas, Drymix jawabannya.