Apa Saja Jenis Pekerjaan Bangunan Yang Bisa Dihemat ? Ketahui Di Sini!

Februari 1, 2017

Saat membangun atau merenovasi rumah, biaya sering menjadi pertimbangan utama. Sehingga berbagai cara penghematan selalu dicari.

Namun upaya penghematan ternyata tidak dapat diterapkan pada semua jenis pekerjaan bangunan begitu saja. Anda harus memastikan bahwa penghematan yang Anda lakukan tidak akan berpengaruh terhadap kualitas bangunan.

Bagaimana Memilah Jenis Pekerjaan Bangunan Yang Dapat Dihemat?

Jenis pekerjaan yang merupakan pekerjaan struktur seperti pondasi, kolom beton, sloof beton dan ring balk adalah jenis pekerjaan yang tidak dapat dikompromikan kualitasnya. Anda perlu berpikir berulang kali jika ingin mengurangi kualitas keempat pekerjaan tersebut demi penghematan dengan memangkas jumlah pemakaian bahan bangunan atau memilih bahan bangunan berkualitas rendah.

Karena akibatnya bisa fatal. Keempatnya merupakan kekuatan yang menyangga sebuah bangunan sehingga pekerjaan pondasi, kolom beton, sloof beton dan ring balk harus dikerjakan sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan.

Pekerjaan yang boleh dan dapat dihemat harus jenis pekerjaan yang bukan struktur, diantaranya misalnya finishing dinding.

Menghemat Cara Pintar

Menghemat biaya pekerjaan finishing dinding kini bisa dilakukan dengan Skimkot Putih Drymix. Material ini berfungsi seperti aci putih dan paling pas digunakan untuk menghaluskan permukaan beton, precast dan plesteran.

Seperti namanya, Skimkot ini memiliki warna putih cerah yang dapat membantu Anda menghemat minimal satu lapis cat. Dengan demikian warna cat tampak lebih cerah saat diaplikasikan di atas Skimkot Putih. Cat juga lebih mudah menempel pada Skimkot Putih yang menyebabkan pemakaian cat tidak perlu banyak. Daya rekat Skimkot Putih membuat cat tahan lama, sehingga Anda dapat menghemat pembelian cat karena tidak perlu membelinya dalam waktu lama, sekaligus menghemat pekerjaan pengecatan. Dalam kaitannya dengan tukang, finishing menggunakan Skimkot Putih membuat pekerjaan selesai lebih cepat. Andapun dapat menghemat biaya tukang.

Baca Juga  4 Cara meratakan lantai dengan floor screed

Menghaluskan Permukaan Beton

Selain berfungsi seperti acian, Skimkot Putih dapat berfungsi sebagai “dempul” untuk meratakan dan menghaluskan permukaan beton yang retak, tidak rata atau berlubang kecil.

Pencampuran dan pengaplikasian Skimkot Putih yang mudah membuat pekerjaan finishing lebih cepat selesai. Untuk menggunakannya, campur 20kg bubuk Skimkot Putih Drymix dengan 8-9 liter air bersih. Aduk 3-5 menit hingga homogen dan membentuk pasta. Lalu aplikasikan menggunakan roskam besi dengan ketebalan maksimum 2-3mm. Dalam kondisi setengah kering, haluskan kembali skimkot dengan roskam besi. Skimkot tidak perlu digosok dengan kertas semen, amplas dan sejenisnya. Biarkan kering minimum 5 hari sebelum pengecatan.