Benarkah Tempat Basah Musuh Keramik?

Agustus 8, 2017

Walaupun dipasang pada hari yang sama dengan keramik lantai di area kering seperti kamar tamu dan kamar tidur, keramik yang berada di area basah seringkali lebih dulu mengalami lepas. Seakan keramik tidak tahan di area basah. Tapi benarkah? Mungkinkah kita hanya menggunakan perekat keramik yang salah?

Penyebab Keramik Mudah Lepas di Tempat Basah

Daya rekat adukan semen, pasir, dan air yang kurang maksimal merupakan penyebab utama mengapa area basah dan lembab tidak bersahabat bagi daya lekat keramik. Pengisi nat semen yang mudah ditembus air serta mudah tergerus dan rusak juga menjadi alasan terjadinya hal tersebut.

Itu mengapa, kini semakin banyak orang beralih dari semen biasa ke perekat keramik instan seperti Drymix Tile Adhesive Plus, juga ke pengisi nat instan seperti Drymix Sanitized Tile Grout, yang sudah terbukti lebih merekat di daerah basah dalam waktu lama.

Perekat Keramik Kuat untuk Daerah Basah

Drymix Tile Adhesive Plus sangat kuat daya rekatnya untuk semua jenis keramik, marmer, granit, batu alam dan flexi tile di area basah yang sering terendam air seperti kamar mandi dan kolam renang.

Perekat keramik ini dibuat dengan komposisi yang tepat antara campuran semen, filler, aditif dan pasir silika yang dikemas dalam satu sak sehingga konsistensinya selalu terjaga. Tidak seperti merekatkan keramik menggunakan semen biasa, di mana resiko tukang salah mencampur lebih besar sehingga meminimalisir kualitas adukan, maka menggunakan Tile Adhesive Plus yang penggunaannya cukup menambah air, tidak akan pernah ada masalah dengan kualitas adukan akibat salah campur. Hasil adukan Drymix Tile Adhesive Plus lebih padat, keras, dan waterproof untuk digunakan di area basah.

Baca Juga  Megabuild Indonesia 2017

Sementara itu, menggunakan Drymix Sanitized Tile Grout dapat memperpanjang usia keramik melekat di tempat basah, karena pengisi nat ini tahan lama dan kuat untuk area basah. Air tidak mudah menembus atau menggerus pengisi nat sehingga air tidak bisa merembes ke lapisan perekat keramik, tidak seperti jika menggunakan pengisi nat keramik biasa.

Perekat Keramik Tile on Tile

Keunggulan lain dari Drymix Tile Adhesive Plus adalah sisi praktis dalam pengaplikasiannya. Perekat keramik ini dapat digunakan untuk merekatkan keramik baru di atas keramik lama (tile on tile) tanpa membongkar keramik lama terlebih dahulu. Ini memungkinkan pekerjaan pemasangan keramik selesai lebih cepat, tanpa mengurangi kualitas hasil pekerjaan.