Beton Instan Lebih Praktis Untuk Membangun Rumah, Ini Buktinya!

Februari 6, 2017

Saat ingin membangun rumah tingkat atau merenovasi rumah, misalnya menambahkan lantai dak, salah satu bahan bangunan yang diperlukan adalah beton.

Tapi beton seperti apa yang paling cocok untuk pembangunan atau renovasi rumah Anda?

Beton Instan Solusi Pekerjaan Beton

Umumnya, mereka yang mengutamakan kecepatan kerja akan memilih menggunakan beton ready mix, beton siap pakai yang tidak memerlukan pengolahan di lapangan. Beton jenis ini dibuat di batching plant, dituang ke dalam mobil molen dan dihantar ke lokasi konstruksi untuk kemudian dituang ke area pengecoran.

Hanya saja, tidak semua rumah memiliki kondisi yang memungkinkan untuk penggunaan beton ready mix. Rumah yang lokasinya sangat jauh dari batching plant misalnya, atau rumah yang volume pekerjaan beton nya sangat kecil, atau rumah yang jalanannya tidak dapat dimasuki mobil molen, tidak bisa menggunakan beton ready mix.

Pada kondisi seperti ini, beton instan menjadi solusinya.

Mudahnya Menggunakan Beton Instan

Beton Instan Drymix dikemas dalam kemasan sak dan sangat berkualitas untuk pekerjaan pengecoran beton. Material ini tersedia dalam beberapa tipe, mulai dari K-175 hingga K-500, sehingga dapat dipilih yang paling sesuai dengan kekuatan struktur beton yang direncanakan. Cara pencampuran beton instan Drymix sangat mudah, cukup dituang air bersih sesuai takaran yang dianjurkan di kemasan, diaduk hingga homogen, material ini siap digunakan.

Penyimpanan Beton Instan Drymix tidak memakan tempat banyak dan pencampurannya dapat dilakukan di dalam wadah. Ini membuat rumah lebih bersih dan rapi saat pekerjaan beton berlangsung. Menggunakan material ini, pekerjaan beton juga lebih hemat karena selesai lebih cepat dan mengurangi waste, karena penggunaannya dapat diperhitungkan secara tepat, di mana untuk per m3 beton dibutuhkan 43 sak Beton Instan Drymix ukuran 50kg.

Baca Juga  Apa Itu Mortar Berkualitas?

Resep Bangunan Kuat Dan Tahan Lama

Tidak seperti beton konvensional yang dibuat oleh tukang menggunakan semen, pasir dan air dengan cara mengira-ngira takarannya, Beton Instan Drymix dibuat dari campuran semen, pasir, agregat dan aditif dengan komposisi campuran yang akurat. Sehingga untuk pekerjaan struktur beton, Beton Instan Drymix memiliki kuat tekan terukur dan mampu menghasilkan bangunan yang kuat dan tahan lama.

Cara Aplikasi Beton Instan Drymix

Sebelum pengaplikasian, permukaan bekisting yang akan dicor perlu dibersihkan hingga terbebas dari debu, minyak, dan kotoran lainnya.  Aplikasi dapat dilaksanakan dengan cara pengecoran. Saat pencampuran, perlu diusahakan menggunakan mesin mixer dengan takaran air yang sesuai.  Perawatan dapat dilakukan satu hari setelah pelaksanaan dengan cara membasahi Beton Drymix dengan air atau Curing Compound.  Perawatan dilakukan hingga hari ke 7.