Cara Memasang Bata Ringan dengan Drymix ThinBed 101

Agustus 24, 2017

Siapa bilang memasang bata ringan tidak mudah? Pemasangan bata ringan tidak sulit, bahkan tidak perlu tukang yang sangat berpengalaman untuk menghasilkan pasangan bata ringan yang kuat, rata dan tahan lama, asal dikerjakan menggunakan perekat bata ringan yang praktis digunakan seperti Drymix ThinBed 101 dan juga alat-alat yang tepat.

Mengapa Menggunakan Drymix ThinBed 101?

Perekat bata ringan Drymix ThindBed 101 didesain khusus untuk memudahkan pekerjaan pemasangan bata dan menghasilkan pemasangan bata ringan yang kuat, rata, dan tahan lama. Material siap pakai ini dibuat di pabrik dari bahan dasar semen, filler, pasir silika dan aditif polimer dalam bentuk bubuk dan dikemas dalam sak. Saat ingin digunakan, cukup dicampur dengan air bersih sesuai takaran yang dianjurkan.

Perekat bata ringan Drymix ThinBed 101, karena komposisi campurannya pas, secara konsisten menghasilkan adukan yang memiliki workability tinggi. Tidak seperti tukang yang kadang tidak konsisten hasil adukan perekatnya karena sering hanya mengandalkan intuisi saat mencampur dan mengaduk semen, pasir dan air. Jika pembuatan adukan dan pengaplikasian dilakukan sesuai petunjuk, 1 sak Drymix ThinBed 101 bisa menghasilkan adukan perekat bata ringan yang cukup untuk pemasangan bata ringan seluas 1m3.

Persiapan, Pengadukan dan Pemasangan Bata

Inilah alat kerja yang dibutuhkan untuk memasang bata menggunakan perekat bata ringan Drymix ThinBed 101: ember, mixer, trowel bergerigi, palu karet, meteran, waterpass, benang dan sikat debu.

Untuk persiapan, dengan menggunakan sikat debu, bersihkan permukaan substrat yang akan dipasangi bata karena kotoran dapat mengurangi daya rekat adukan. Basahi permukaan substrat dengan air. Pastikan substrat area kerja sudah mengeras atau mengikat sebelum membuat kepalaan.

Untuk membuat adukan perekat bata ringan, di dalam ember campur 1 sak bubuk Drymix ThinBed 101 seberat 40 kg dengan 10-11 liter air bersih, atau 3 vol bubuk Drymix ThinBed 101 dengan 1 vol air bersih. Aduk selama 3-4 menit hingga tidak ada gumpalan dan tercampur secara homogen. Gunakan hand mixer untuk mendapatkan adukan perekat bata ringan yang tercampur rata. Untuk hasil optimal, adukan ThinBed harus diaplikasikan tidak lebih dari 2 jam.

Aplikasikan Drymix ThinBed 101 setebal 2-3 mm menggunakan trowel bergerigi. Letakkan bata ringan di atasnya sambil ditekan, kemudian pukul dengan palu karet agar melekat dan rata. Bersihkan perekat yang meleber keluar mengotori bata ringan sebelum mengering. Periksa kerataan permukaan pasangan bata menggunakan waterpass. Teruskan lapis demi lapis sampai ketinggian yang ditentukan antara 120 hingga 140 cm, atau 6 sampai 7 lapisan bata ringan. Jangan sampai ada celah kosong di antara pasangan bata. Diamkan minimal 24 jam. Setelahnya, lakukan kembali pemasangan bata, demikian seterusnya. Tunggu minimal 3 hari untuk lanjut ke pekerjaan plesteran. Memasang bata ringan menggunakan perekat bata ringan Drymix ThinBed 101 sangat mudah bukan?