Cara Mempercepat Pemasangan Bata

Maret 16, 2018

Setiap pekerjaan konstruksi, termasuk pekerjaan pemasangan bata, dapat dipercepat asal Anda tahu rahasianya. Tahukah Anda, apa saja rahasia di balik pemasangan bata yang cepat?

Material dan Metode Pemasangan

Pertama, gunakan material yang mampu mempercepat pekerjaan, yaitu bata ringan beserta perekatnya, dalam hal ini perekat bata ringan instan Drymix ThinBed 101. Kedua, gunakan metode pemasangan bata modern, yang tidak hanya membuat pemasangan bata selesai lebih cepat, tapi juga menghasilkan pasangan bata yang kuat, rapi, rata dan tahan lama.

Mengapa Bata Ringan dan Drymix ThinBed 101?

Dibanding bata merah, bata ringan pemasangannya lebih cepat. Diantaranya, karena menyusun rata bata ringan lebih mudah. Tiap bata ringan ukurannya seragam, sangat presisi serta rata permukaannya sehingga mudah disusun dan mudah rata, tidak seperti bata merah.

Ukuran bata ringan juga lebih besar dibanding bata merah, sehingga untuk membuat dinding berukuran sama, jumlah bata yang dibutuhkan lebih sedikit jika menggunakan bata ringan, dan ini mempercepat pekerjaan pemasangan karena lebih sedikit bata yang harus dipasang.

Selain itu, tidak seperti bata merah yang membutuhkan banyak perekat yang diaplikasikan tebal-tebal menggunakan sendok semen dan membuat pengerjaannya cukup lama, pemasangan bata ringan lebih cepat karena hanya membutuhkan perekat bata ringan Drymix ThinBed 101 yang diaplikasikan setipis 2-3 mm saja menggunakan trowel bergerigi.

Adukan perekat bata merah biasa yang dibuat dari campuran semen, pasir dan air membutuhkan waktu pengadukan lebih lama dibanding adukan perekat bata ringan Drymix ThinBed 101. Adukan Drymix ThinBed 101 dibuat hanya dengan mencampur 1 sak bubuk Drymix ThinBed 101 seberat 40 kg dengan 10-11 liter air bersih, atau 3 vol bubuk Drymix ThinBed 101 dengan 1 vol air bersih. Hanya dengan diaduk selama 3-4 menit menggunakan hand mixer, adukan sudah tercampur secara homogen. Ini jelas membuat pemasangan bata ringan lebih cepat dibanding bata merah.

Metode Pemasangan Bata Modern

Metode pemasangan bata modern menggunakan bata ringan dan Drymix ThinBed 101 sangat mempercepat pekerjaan pemasangan bata. Aplikasikan perekat Drymix ThinBed 101 ke permukaan substrat setebal 2-3 mm menggunakan trowel bergerigi. Letakkan bata ringan di atas aplikasi tersebut sambil ditekan, kemudian pukul dengan palu karet agar melekat dan rata. Perekat yang meleber keluar mengotori bata ringan harus dibersihkan sebelum mengering. Lalu periksa kerataan permukaan pasangan bata menggunakan waterpass. Teruskan lapis demi lapis hingga mencapai ketinggian antara 120 hingga 140 cm, atau 6 sampai 7 lapisan bata ringan. Pastikan tidak ada celah kosong di antara pasangan bata. Diamkan minimal 24 jam. Setelahnya, lakukan kembali pemasangan bata. Demikian seterusnya. Tunggu minimal 3 hari untuk lanjut ke pekerjaan plesteran.

Begitulah praktisnya memasang bata ringan dengan perekat bata ringan Drymix ThinBed 101 untuk pekerjaan pemasangan bata yang lebih cepat.