Solusi Mengatasi Tembok Rumah Retak

April 17, 2018

Ada dua macam retak pada tembok rumah, jika retak struktur memiliki lebar lebih dari 2mm dan retak rambut memiliki lebar kurang dari 1mm. Selain itu, jika retak struktur harus diperbaiki dengan cara merenovasi konstruksi fisik bangunan rumah, namun jika tembok retak rambut hanya perlu dengan mengupas plester dan aci di bagian yang retak serta menambalnya. Namun, pelajari terlebih dahulu apa yang menyebabkan retak rambut untuk dapat mengatasinya.

ACIAN DIAPLIKASIKAN SEBELUM PLESTER MENGERING SEMPURNA

Retak rambut yang terlihat di tembok, atau lebih tepatnya pada lapisan plester atau acian, merupakan akibat dari kesalahan saat tahap pengerjaan. Tahap yang kurang tepat ialah acian diaplikasikan ketika kondisi plester belum mengering dengan sempurna. Padahal, saat tahap ini ialah proses penyusutan plester masih berlangsung. Aci yang diaplikasikan pada plester pun akan retak karena plester menyusut.

KOMPOSISI ADUKAN TIDAK PAS

Komposisi adukan plester dan acian yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab terjadinya retak rambut. Seperti pasir yang jumlahnya terlalu banyak dan semen yang terlalu sedikit. Akibatnya berkurangnya daya rekat plester dan acian, sehingga setelah mengering dan terjadi penyusutan, plester dan acian akan retak.

BAHAN BAKU BERKUALITAS RENDAH

Ada penyebab lain dari retak rambut pada tembok ialah pemilihan bahan baku yang berkualitas rendah, dan ini sering terjadi. Hal tersebut dikarenakan dapat menghemat biaya yang digunakan. Contoh penghematan biaya ialah disaat orang membeli pasir yang mash banyak mengandung lumpur atau kotoran lain, padahal itu tidak dianjurkan. Terutama karena lumpur termasuk material yang rendah daya rekatnya serta rentan memuai dan menyusut apabila terkena rembesan air. Ini mengapa plester yang dibuat dari pasir berlumpur dalam waktu cepat akan retak dan rontok akibat minim daya rekat ke pasangan bata.

Baca Juga  Bahan Bangunan Masuk Kampus 2

MENGGUNAKAN ACIAN DARI SEMEN BIASA

Penggunaan semen biasa untuk acian juga dapat menjadi faktor penyebab retak rambut. Di saat acian semen yang kering lebih cepat, tidak segera digosok oleh tukang agar halus sebelum mengering, maka akan menyebabkan retak. Hal itu akan lebih merepotkan, dan acian juga sangat kaku. Sehingga saat terjadi pergerakan bangunan atau perubahan temperatur langsung retak.

CARA MUDAH MENGATASI TEMBOK RETAK

Ada cara mudah untuk mengatasi tembok retak rambut. Tidak perlu tukang handal, karena dengan menggunakan plester dan acian instan berkualitas seperti DRYMIX Plester dan DRYMIX Acian, anda dapat menghindari tembok retak rambut. Sementara untuk memperbaiki retak rambut yang sudah terjadi, gunakan DRYMIX Concrete Fill untuk diisikan pada area retak rambut yang telah dikupas dan gunakan DRYMIX Skimcoat yang berfungsi mirip dengan acian untuk melapisi Concrete Fill yang sudah mengering setelah 3 hari. Dengan produk DRYMIX Indonesia, siapapun bisa mengatasi tembok retak rambut dengan mudah!