Cara Sukses Membuat Plesteran Dinding Halus dan Rata

Agustus 8, 2017

Konon di balik kesuksesan terdapat kerja keras dan banyak keberuntungan. Tapi ternyata tidak perlu kerja keras dan banyak keberuntungan untuk bisa sukses membuat plesteran dinding yang halus dan rata.

Perlu Pasangan Bata Yang Rapi

Yang Anda perlukan untuk bisa sukses membuat plesteran dinding yang halus dan rata adalah pemasangan bata yang rapi, dan untuk ini tidak dibutuhkan kerja keras maupun banyak keberuntungan. Pasangan bata rapi dapat secara mudah dihasilkan dengan memasang bata menggunakan perekat bata ringan instan seperti Drymix Thinbed 101. Material campuran semen, filler, pasir silika dan aditif ini sangat mudah dicampur dan diaplikasikan serta mampu merekat kuat walaupun hanya diaplikasikan dengan ketebalan 2-3 mm.

Gunakan Plester Instan

Kerja keras dan keberuntungan juga tidak terlalu diperlukan untuk sukses membuat adukan plester yang pas demi menghasilkan plesteran dinding yang halus dan rata. Di saat teknologi konstruksi sudah semakin maju, membuat adukan plesteran dinding sudah tidak terlalu merepotkan. Tidak perlu lagi mencampur semen, pasir dan air dengan takaran yang belum tentu akurat. Sebaliknya, dengan adanya plester instan berkualitas seperti Plester Drymix, membuat adukan plester kini cukup hanya dengan menambahkan air. Adukan plester lebih mudah diaplikasikan sehingga mempercepat waktu pengerjaan dan hasilnya rata serta halus seperti hasil karya tukang yang ahli.

Komposisi Kesuksesan

Plester instan seperti Plester Drymix, yang dibuat dari semen, filler, aditif dan pasir silica memang diformulakan untuk menghasilkan plesteran dinding yang lebih halus, mudah rata dan merekat kuat dalam waktu lama. Membuat adukannya sangat mudah dengan takaran 13-14 liter air untuk 50 kg bubuk Plester Drymix, atau 1 vol air untuk 2,5 – 3 vol bubuk Drymix Plester. Takaran baku ini meminimalisir terjadinya kesalahan komposisi yang sering terjadi pada pembuatan plesteran dinding menggunakan semen biasa. Jika pencampuran dan aplikasi dilakukan sesuai anjuran, satu sak bubuk plester instan Drymix dalam kemasan 50kg dapat melapisi area seluas 2,5m2 untuk ketebalan aplikasi 10mm.

Baca Juga  Merekatkan Batu Alam Dengan Drymix Tile Adhesive

Penggunaan Semen Biasa Tidak Dianjurkan

Kini bukan jamannya lagi bergantung pada keahlian tukang untuk menghasilkan plesteran dinding yang halus dan rata dengan semen biasa. Tidak semua tukang ahli dan berpengalaman dalam membuat adukan plester dari semen biasa. Di lapangan banyak terjadi tukang tidak mampu membuat adukan plester dari semen, pasir dan air dengan komposisi yang pas. Akibatnya, plester yang mereka buat menyusut saat kering dan menimbulkan retak rambut. Inilah masalah yang sering timbul dalam pembuatan plesteran dinding yang menggunakan semen biasa.