Ciri Perekat Batu Alam yang Kuat

Agustus 8, 2017

Dalam pemasangan batu alam sebagai elemen dekorasi arsitektur, seringkali kita disarankan untuk menggunakan perekat batu alam yang kuat. Namun apa saja sih ciri perekat batu alam yang kuat? Harus seberapa kuat agar dikatakan sebagai perekat batu alam yang kuat?

Kuat untuk Pemasangan di Dinding

Memasang batu alam di lantai dan memasang batu alam di dinding membutuhkan kekuatan perekat yang berbeda. Pemasangan di dinding tentu membutuhkan perekat yang lebih kuat, agar batu alam tidak merosot atau terlepas dan jatuh ke lantai. Perekat yang kuat akan mampu menahan batu alam tetap melekat di tempatnya dipasang.

Awet Terpasang di Daerah Basah

Lokasi favorit untuk memasang batu alam seringnya adalah tempat-tempat yang kerap mengalami basah, seperti kamar mandi, dapur, kolam, teras dan dinding eksterior rumah. Perekat batu alam yang betul-betul kuat akan mampu terus menahan batu alam agar tetap melekat di tempatnya, walaupun sering terguyur air, baik dari keran, shower, maupun air hujan. Dia tak akan terkikis.

Tidak Sulit Dibuat

Ini saatnya menghentikan persepsi bahwa sesuatu yang berkualitas itu sulit dibuat. Perekat batu alam yang kuat bisa dibuat semudah dengan menambahkan air. Contohnya Tile Adhesive Plus dari Drymix. Perekat batu alam ini merekat sangat kuat di tempat basah dalam waktu lama. Tapi cara pembuatannya sangat mudah, hanya dengan mencampur 9-10 liter air untuk 40 kg bubuk Tile Adhesive Plus, atau 6-7 liter air untuk 25 kg bubuk Tile Adhesive Plus.

Tile Adhesive Plus diformulasikan untuk pemasangan berbagai jenis tile, termasuk batu alam, yang ukurannya lebih berat dari keramik. Keampuhannya telah teruji di lab dan di lapangan dan perekat ini mampu membuat pemasangan batu alam tahan lama karena mengandung campuran semen, filler, aditif dan pasir silika yang komposisinya akurat.

Mampu Mempercepat Pemasangan

Pemasangan batu alam akan lebih mudah dikerjakan dan lebih cepat selesai jika menggunakan perekat batu alam yang kuat. Misalnya menggunakan Tile Adhesive Plus dari Drymix. Menggunakan material ini, selain menghemat waktu pengadukan karena adukannya begitu mudah dibuat, adukannya juga lebih mudah diaplikasikan menggunakan roskam bergerigi. Batu alam tinggal direkatkan ke aplikasi Tile Adhesive saat adukan masih basah dan dipukul menggunakan palu karet agar melekat. Kemudian lap permukaan batu alam yang terkotori oleh perekat menggunakan kain basah sebelum perekatnya mengering. Batu alam tidak butuh waktu lama untuk merekat kuat. Cukup diamkan selama 24 jam sebelum pengisian nat, jika pengisian nat diperlukan.