Daftar Peralatan dan Bahan untuk Membuat Plester

Agustus 9, 2017

Cara plester dinding rumah tidak serumit dan sesulit yang banyak orang bayangkan. Terutama di masa di mana teknologi konstruksi sudah semakin maju. Metode pengerjaan plester dinding sudah sangat efisien dan sangat mempersingkat waktu, dengan menggunakan material berkualitas yang praktis digunakan.

Peralatan dan Bahan

Peralatan dan material yang dibutuhkan dalam pekerjaan plesteran dinding tidak banyak. Untuk peralatan yang diperlukan adalah ember, mixer, jidar dan roskam kayu.

Sementara material yang diperlukan adalah plester instan dari Drymix. Plester siap pakai ini memiliki daya rekat yang tinggi untuk meminimalisir munculnya retak pada dinding akibat muai susut permukaan semen. Sifatnya yang instan membuat pekerjaan plesteran berjalan lebih cepat karena praktis digunakan, tapi tetap menghasilkan plesteran kuat dan tahan lama.

Persiapan dan Pengaplikasian

Matangnya tahap persiapan merupakan tanda bahwa Anda menerapkan cara plester dinding rumah yang baik. Tahap persiapan dimulai dengan menyiapkan air yang bersih, bebas dari asam, alkali dan pengotor lain untuk digunakan dalam adukan dan untuk melembapkan permukaan substrat. Hanya air yang bersih yang dapat memaksimalisasi daya rekat adukan plester. Selanjutnya dalam tahap persiapan adalah pembersihan permukaan substrat menggunakan sikat, penyiraman permukaan substrat dengan air agar lembap, serta pembuatan kepalaan sebagai panduan untuk menentukan ketebalan plester. Kepalaan harus dibiarkan selama 24 jam sebelum pengaplikasian adukan plester.

Pada tahap pengadukan, disarankan menggunakan mikser dibanding menggunakan cara manual untuk mencampur air dan bubuk Drymix Plester, karena hasilnya lebih merata dan homogen dalam waktu cepat. Adukan dibuat di dalam ember agar tidak mengotori lantai, dengan mencampur 50 kg bubuk Drymix Plester dengan 10-11 liter air bersih, atau 40 kg bubuk Drymix Plester dengan 8-9 liter air bersih. Aduk dengan mikser selama 3-5 menit hingga homogen. Adukan dalam ember harus diaplikasikan tidak lebih dari 60 menit setelah adukan tercampur rata.

Baca Juga  Solusi Mengatasi Tembok Rumah Retak

Di tahap pengaplikasian, plester diaplikasikan pada pasangan bata ringan menggunakan roskam kayu dengan ketebalan yang tidak melebihi kepalaan. Ratakan dengan jidar dalam waktu maksimum setengah jam dari tahap aplikasi plester, untuk memastikan kerataan plester. Tebal plester dalam satu kali aplikasi adalah 1-1,5 cm. Apabila ketebalan lebih dari 1,5 cm diinginkan, lakukan dua kali aplikasi. Beri waktu jeda 3 hari sebelum masuk ke pekerjaan acian. Menggunakan Dyrmix Plester, cara plester dinding rumah lebih mudah bukan?