Finishing Dinding Bagus Tanpa Plamir, Begini Caranya!

Februari 1, 2017

Semakin hari pekerjaan bangunan dapat dibuat semakin ringkas. Memanfaatkan metode pengerjaan modern, menggunakan material bangunan modern, pekerja konstruksi dapat "memotong jalan" sehingga pekerjaan selesai lebih cepat, menghasilkan kualitas lebih bagus, sambil menghemat biaya.

Salah satu pekerjaan bangunan yang pengerjaannya kini lebih ringkas adalah pekerjaan finishing dinding. Jika dahulu untuk membuat finishing dinding sempurna diperlukan plamir, kini tahapan pekerjaan ini dapat dilewatkan.

Setelah Diaci Bisa Langsung Dicat

Kemunculan aci instan telah mengaburkan anggapan bahwa plamir merupakan ketentuan yang harus dipenuhi jika menginginkan penghematan biaya pengecatan dan mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna, di mana warna terlihat terang.

Sudah dibuktikan bahwa mengaplikasikan cat pada dinding setelah acian selesai, tanpa diplamir dan diamplas terlebih dulu, dapat tetap menghasilkan warna yang terang, tahan lama, rapi serta menghemat pemakaian cat.

Acian Dengan Elastisitas Tinggi

Salah satu produk aci instan berkualitas yang sangat baik digunakan untuk acian skimcoat dinding adalah Acian Drymix, yang dibuat dari campuran semen, filler dan aditif yang membuat material ini memiliki daya rekat yang baik pada segala permukaan dinding, entah itu beton maupun plesteran. Acian Drymix memiliki elastisitas tinggi dan memiliki kemampuan mengering yang lebih lama sehingga meminimalisir terjadinya retak rambut pada dinding.

Bagaimana Memaksimalkan Hasil Acian?

Plesteran yang rata dan merekat kuat pada dinding dapat memaksimalkan hasil acian, selain dari kualitas aci itu sendiri dan juga akurasi dalam pengerjaannya. Berikut ini cara mengaci tembok menggunakan Acian Drymix untuk mendapatkan hasil acian maksimal.

Pertama perlu diketahui bahwa Acian Drymix dapat diaplikasikan pada permukaan plester dinding eksterior maupun dinding interior. Lakukan persiapan dengan memeriksa area aplikasi acian, lalu bersihkan permukaannya dari kotoran, debu, minyak, lemak, lilin, cat dan partikel-partikel merugikan. Basahi permukaan plester dengan air.

Campur bubuk Acian Drymix dengan air bersih dengan takaran 9-10 liter air untuk 30kg bubuk acian. Aduk selama 3-5 menit sampai rata hingga homogen dan membentuk pasta.

Aplikasikan pasta Acian Drymix menggunakan roskam besi dengan ketebalan maksimum 2-3mm. Saat kondisi acian setengah kering, haluskan kembali acian dengan roskam besi. Acian tidak perlu digosok dengan kertas semen, amplas dan sejenisnya. Biarkan kering minimum 5 hari sebelum pengecatan.