Hal Penting Yang Perlu Diketahui Sebelum Memasang Lantai Keramik

Februari 6, 2017

Lantai merupakan salah satu komponen penting yang menentukan nilai estetika sebuah rumah. Dan di negara tropis seperti Indonesia, lantai keramik masih menjadi pilihan favorit karena material ini mampu menciptakan suasana sejuk di dalam ruangan.

Namun memasang lantai keramik bukan pekerjaan sederhana. Ada tahap-tahap yang perlu dilalui, terutama saat ingin membuat lantai keramik yang kuat, tahan lama dan rata. Untuk mencapai kualitas itu, ada satu proses kerja yang tidak boleh dilewatkan yaitu screeding.

Mencegah Kopong, Meratakan Lantai

Screeding atau pekerjaan meratakan lantai dilaksanakan menggunakan material semen yang diaplikasikan di bawah perekat keramik. Material ini disebut floor screed atau perata lantai. Floor screed berfungsi untuk menambah ketinggian lantai atau sebagai lantai kerja sebelum pemasangan keramik. Namun floor screed berkualitas dapat berfungsi lebih dari itu. Floor screed berkualitas dapat memaksimalkan hasil pekerjaan lantai keramik. Contohnya Floor Screed Drymix, material ini dapat mencegah kopong pada pemasangan keramik, tahan terhadap abrasi, memiliki daya dukung terhadap beban yang baik, serta lebih cepat diaplikasikan karena sifatnya yang praktis.

Mudah Dicampur Dan Diaplikasikan

Saat pekerjaan pembuatan lantai keramik diharapkan selesai dalam waktu cepat, penggunaan Floor Screed Drymix adalah pilihan yang tepat. Material ini dapat mempermudah dan mempercepat waktu kerja karena mudah dicampur dan diaplikasikan. Pencampurannya cukup dengan tuangkan air bersih sebanyak 9-10 liter untuk 50kg bubuk Floor Screed Drymix. Aduk sampai rata selama 3-5 menit hingga homogen membentuk pasta. Floor screed siap digunakan.

Untuk aplikasinya, Floor Screed Drymix memberikan hasil terbaik saat diaplikasikan di atas Bonding Agent Drymix yang masih basah. Ratakan permukaan dengan jidar sesuai level ketinggian yang diinginkan. Rapikan dan padatkan menggunakan roskam, lalu diamkan selama 24 jam. Selanjutnya selama 3 hari lembapkan dengan menyiram air.

Baca Juga  Cara Memasang Bata Ringan dengan Drymix ThinBed 101

Membuat Lantai Keramik Ciamik

Hasil akhir pekerjaan lantai keramik akan maksimal saat penggunaan Floor Screed Drymix dikombinasikan dengan perekat keramikTile Adhesive Ceramic Drymix” dan pengisi nat keramikTile Grout Drymix”.