Ini Dia! Komposisi Adukan Acian Berdaya Rekat Tinggi

Agustus 8, 2017

Dalam pekerjaan mengaci tembok, membuat adukan acian yang komposisinya tepat dan berdaya kerja tinggi bukanlah pekerjaan mudah.

Membuat Acian Perlu Pengalaman

Membuat adukan acian kurang lebih sama prinsipnya dengan membuat adonan kue, yang menuntut penggunaan bahan-bahan yang tepat dalam takaran yang pas. Mungkin ini sebabnya, seringkali hanya tukang-tukang berpengalaman yang mampu menghasilkan acian beton kuat halus. Mereka telah memahami karakter setiap material yang digunakan, formula campuran yang tepat dan metode pengaplikasian yang benar.

Trik-trik Lama

Setiap tukang memiliki perhitungan, trik dan cara mengaci tembok masing-masing, untuk menghasilkan acian tembok yang memuaskan. Ada yang menggunakan plamir untuk menutup retak pada acian setelah kering. Ada pula yang mencampur semen dengan mill atau kapur halus agar acian lebih mudah diaplikasikan dan mengurangi retak.

Trik Baru Dengan Acian Instan Dari Drymix

Namun semakin modern dan semakin berkembang teknologi industri bangunan, semakin konsumen tidak perlu bergantung pada keterampilan tukang berpengalaman, yang seringkali sulit ditemukan. Itupun jika ketemu, seringkali jasanya tidak murah.

Kini perusahaan-perusahaan penyedia solusi bahan bangunan berkualitas seperti Drymix, selalu hadir memberikan alternatif cara-cara membuat bangunan yang lebih praktis, efisien, hemat waktu dan uang dengan hasil berkualitas. Seperti alternatif cara mengaci tembok.

Dengan Acian Drymix konsumen dapat mengucapkan selamat tinggal kepada cara-cara lama mengaci tembok. Acian instan dari Drymix memungkinkan pekerjaan mengaci tembok menjadi lebih mudah melalui adukan Acian berdaya kerja tinggi, dan hasil acian yang tidak kalah dengan hasil kerja tukang berpengalaman.

Baca Juga  Tips Merekat Batu Alam Tanpa Lepas

Adukan Berdaya Kerja Tinggi

Adukan acian berdaya kerja tinggi dari Drymix dapat dihasilkan dengan mencampur air bersih dan bubuk Drymix Acian dengan perbandingan 9-10 liter air bersih dan 30 kg bubuk Acian. Atau bisa juga, 1 volume air bersih dan 2,5 volume bubuk Acian. Bahan-bahan ini kemudian diaduk 3-5 menit hingga rata, atau homogen, dan membentuk pasta. Tidak lebih dari 90 menit setelah tercampur rata, adukan acian harus segera diaplikasikan.

Cara Baru Mengaci Tembok

Adukan acian tersebut akan menghasilkan acian yang melekat kuat dan halus tanpa retak rambut, jika diaplikasikan pada permukaan plester yang telah dibersihkan dari berbagai kotoran dan telah dibasahi dengan air bersih. Acian harus diaplikasikan menggunakan roskam besi setebal maksimum 2-3 mm. Dalam kondisi setengah kering, bisa dihaluskan kembali menggunakan roskam besi, tanpa perlu digosok dengan kertas semen, amplas atau sejenisnya. Adukan acian ini mampu membuat tembok halus dan berwarna lebih terang, sehingga menghemat pemakaian cat, jika dibiarkan kering minimum 5 hari sebelum dilakukan pengecatan.