Keramik Lepas Atau Meledak Setelah Pemasangan? Ini Cara Mengatasinya

Februari 6, 2017

Keramik lepas atau meledak, yang sering disebut dengan istilah ‘popping’, merupakan masalah yang paling umum terjadi pada keramik setelah selesai dipasang. Keramik lepas atau meledak bisa sangat mengecewakan, apalagi kalau mengingat jerih payah pemasangannya yang memakan waktu, tenaga dan uang. Karena itu, agar kerja keras memasang lantai keramik tidak menjadi sia-sia, mari pelajari cara-cara mencegah keramik lepas dan meledak .

Adukan Semen, Pasir Dan Air Kurang Maksimal

Keramik yang dipasang di area lembap dan basah seperti kamar mandi, kolam renang dan dapur seringkali lepas karena daya rekat adukan semen-pasir-air yang kurang maksimal.

Begitupun dengan keramik meledak, umumnya disebabkan komposisi campuran semen-pasir-air yang tidak pas sehingga daya ikat tidak terlalu kuat dan tidak ada fleksibilitas saat terjadi perubahan cuaca dan keramik memuai. Keramik akan terangkat dan tekanan membuatnya meledak.

Keunggulan Perekat Keramik Instan

Saat keramik lepas atau meledak, hal ini menunjukkan bahwa tidak semua tukang mampu membuat komposisi adukan semen-pasir-air yang akurat. Jadi pilihan yang lebih aman dengan menggunakan material yang pasti memberikan hasil pekerjaan lantai memuaskan tanpa lepas dan meledak.

Tile Adhesive Plus Drymix adalah jawaban dari kebutuhan tersebut. Material ini dibuat dari semen, filler dan aditif polymer yang komposisi campurannya akurat dan konsistensinya selalu terjaga, sehingga mampu merekatkan keramik, marmer, granit, batu alam dan flexi tile dengan daya rekat yang sangat kuat baik di area kering maupun di dalam air atau area basah. Hasil adukan perekat keramik Tile Adhesive Plus Drymix lebih padat, keras, dan lebih waterproof untuk area basah.

Mudah Dicampur, Mudah Diaplikasikan

Karena sifat material yang praktis, Tile Adhesive Plus mudah dicampur dan diaplikasikan oleh tukang sehingga meminimalisir kesalahan dalam pengadukan dan dalam pengaplikasian yang selama ini menjadi penyebab keramik lepas dan meledak.

Baca Juga  Mortar Berkualitas Bukan Adukan Biasa

Dengan menggunakan Tile Adhesive Plus, tukang tidak perlu memikirkan komposisi campuran semen, pasir dan air. Untuk 40kg bubuk Tile Adhesive Plus cukup dituang air bersih sebanyak 10-11 liter. Aduk 3-5 menit hingga homogen dan membentuk pasta, adukan siap digunakan.

Agar pengaplikasian akurat, alat yang digunakan adalah trowel bergerigi. Alat ini dapat mencegah udara terjebak saat pemasangan keramik. Alat ini juga membuat pemasangan keramik lebih hemat karena ketebalan lebih konsisten.

Tile Adhesive Plus Drymix dapat digunakan untuk memasang keramik baru di atas keramik lama tanpa membongkarnya. Hasil pekerjaan lantai lebih maksimal jika penggunaan Tile Adhesive Plus dikombinasikan dengan pengisi nat keramikTile Grout Drymix’.