Mengapa Beton Ekspos Kini Dipilih Untuk Tampilan Rumah Modern?

Februari 1, 2017

Semakin hari beton ekspos semakin diminati masyarakat. Kita dapat melihat penggunaan beton ekspos untuk aksen bangunan di berbagai tempat. Beton ekspos kini tidak hanya diaplikasikan di tempat-tempat publik seperti kafe, pusat kebudayaan, bioskop dan kantor, tapi juga hunian pribadi.

Tekstur Polos Untuk Rumah Minimalis

Orang memilih beton ekspos sebagai elemen arsitektur rumah mereka dengan berbagai alasan. Dari sisi estetik, beton ekspos memiliki tekstur polos, apa adanya, sehingga cocok untuk rumah bergaya minimalis. Jika dikombinasikan dengan permainan cahaya, maka memberi kesan sangat modern dan kontemporer bagai berada di galeri seni.

Dari sisi biaya, jika menggunakan beton ekspos akan lebih menghemat biaya pembangunan karena tidak perlu pekerjaan finishing. Perawatan juga lebih murah karena biasanya rumah yang bangunannya dicat harus dicat ulang paling tidak setiap 5 tahun sekali. Beton ekspos hanya membutuhkan pembersihan secara berkala.

Karakter Beton Ekspos

Walaupun istilah yang digunakan adalah beton ekspos, material yang diekspos sebenarnya adalah semen. Istilah ini merujuk pada tampilan tekstur dan warna semen pada plafon beton, lantai beton atau plesteran dinding. Tampilan semen ini dibiarkan polos tanpa finishing seperti cat atau wallpaper. Tampilan semen hanya diperhalus dengan acian untuk meratakan permukaan.

Tak Semua Tukang Dapat Membuat Beton Ekspos

Hanya tukang berpengalaman dan mempunyai skill tinggi yang dapat membuat plafon, dinding dan lantai dari beton ekspos. Terutama karena beton ekspos ini identik dengan kerapian, kesikuan dan kelurusan sudut-sudut permukaan bidang.

Namun untuk mengakalinya agar pekerjaan bisa dibuat lebih mudah tanpa terlalu tergantung pada skill tukang adalah menggunakan material berkualitas tinggi yang mudah diaplikasikan seperti produk-produk dari Drymix. Dengan perekat bata ringan Thinbed 101, Plester Ringan yang berfungsi ganda sebagai plester dan aci, Plester, Acian Skimcoat Dinding,  Concrete Fill dan Beton Instan – semua produk Drymix ini dapat membuat pekerjaan pembuatan beton ekspos lebih presisi, kuat dan tahan lama, dengan metode pengaplikasian modern yang sangat praktis dan hemat waktu.

Baca Juga  DRYMIX INDONESIA DI MEGABUILD EXPO 2019

Agar Beton Ekspos Halus Dan Rata

Bagi mereka yang lebih suka permukaan beton ekspos yang halus dan rata, perapihan dapat dilakukan menggunakan acian beton Skimcoat Drymix. Skimcoat merupakan campuran semen, filler dan aditif polimer yang sangat mudah dicampur dan diaplikasikan ke permukaan beton, precast atau plesteran.

Penggunaannya cukup dengan mencampur bubuk Skimcoat Drymix dengan air bersih sesuai anjuran di kemasan, yaitu 11-12 liter air untuk 30kg bubuk Skimcoat. Aduk 3-5 menit hingga homogen dan membentuk pasta.

Aplikasikan menggunakan roskam besi dengan ketebalan maksimum 2-3mm. Dalam kondisi setengah kering haluskan kembali menggunakan roskam besi. Tak perlu digosok dengan kertas semen, amplas atau sejenisnya. Biarkan kering minimum 5 hari.