Merekatkan Batu Alam Dengan Drymix Tile Adhesive

Agustus 8, 2017

Merekatkan batu alam ke lantai atau dinding tidak terlalu sulit jika Anda memilih produk perekat batu alam yang tepat, yang tak hanya memiliki daya rekat tinggi, tapi juga memudahkan pemasangan.

Drymix Tile Adhesive

Salah satu produsen perekat tile batu alam paling berkualitas yang produknya dengan mudah bisa Anda dapatkan di toko bangunan adalah Drymix. Drymix memiliki dua produk andalan untuk memasang batu alam di dalam maupun luar ruang, yaitu Tile Adhesive Standard dan Tile Adhesive Plus, yang mana khusus untuk Tile Adhesive Plus, produk ini memiliki daya rekat tinggi di area basah sehingga sangat cocok untuk pemasangan di area yang sering atau selalu basah seperti kamar mandi, dapur, bak penampungan, kolam renang, teras rumah hingga lobby gedung.

Tile Adhesive Standard dan Tile Adhesive Plus pada hakikatnya merupakan semen instan siap pakai yang dibuat dari campuran semen, filler aditif dan pasir silika. Karena kemampuannya untuk merekat kuat dan sangat praktis digunakan, produk ini sangat tepat digunakan sebagai perekat batu alam.

Menyiapkan Alat Pemasangan

Inilah alat-alat yang dibutuhkan untuk merekatkan batu alam menggunakan Tile Adhesive Standard dan Tile Adhesive Plus dari Drymix: Ember untuk wadah adukan perekat; Mixer untuk mencampur bubuk Tile Adhesive dengan air; Roskam bergerigi untuk mengaplikasikan adukan; Palu karet untuk menempelkan batu alam; Serta sikat.

Menyiapkan Area Pemasangan

Sikat digunakan untuk membersihkan permukaan substrat di mana perekat batu alam akan diaplikasikan. Permukaan substrat harus bersih dari segala macam kotoran seperti debu, minyak, lemak, lilin atau cat sebelum disiram dengan air. Substrat area kerja sebaiknya sudah mengeras saat pemasangan akan dilakukan. Untuk beton, harus berumur lebih dari 28 hari, sementara untuk screed harus berumur lebih dari 7 hari.

Baca Juga  Cara Mengaci Tembok Dengan Mudah, Cepat, Rapi, Anti Retak

Mencampur Cara Mudah

Adukan perekat batu alam dibuat di ember dengan mencampur 9-10 liter air dengan 40 kg bubuk Tile Adhesive, atau 1 vol air dengan 3 vol bubuk Tile Adhesive. Lebih baik menggunakan mixer untuk mengaduk agar mendapatkan adukan yang tercampur rata dan homogen hingga membentuk pasta. Adukan kemudian didiamkan selam 5 menit sebelum diaplikasikan menggunakan roskam bergerigi. Untuk hasil optimal, adukan harus diaplikasikan tidak lebih dari 2 jam. Adukan yang menganggur lebih dari 2 jam harus dibuang.

Mengatur Penempatan Batu Alam

Ada jenis batu alam yang tidak beraturan bentuknya sehingga tidak perlu dipasang sejajar seperti saat memasang keramik. Tapi jika tile batu alam berbentuk persegi dan ingin dipasang dengan rapi, maka meteran, benang dan tali dibutuhkan untuk memastikan kelurusan posisinya. Batu alam harus direkatkan ke aplikasi Tile Adhesive saat adukan masih basah dan dipukul menggunakan palu karet agar melekat. Lap permukaan batu alam yang terkotori oleh perekat menggunakan kain basah sebelum perekatnya mengering. Semudah itulah merekatkan batu alam menggunakan Drymix Tile Adhesive.