Mortar Berkualitas Bukan Adukan Biasa

Maret 16, 2018

Dalam dunia bangunan, mortar didefinisikan sebagai adukan. Ini bisa berarti bermacam adukan, mulai dari adukan perekat bata, adukan plester, adukan acian hingga adukan perekat keramik semuanya disebut mortar. Tapi tidak semua mortar berkualitas. Hanya mortar yang dibuat dari bahan-bahan yang terjaga mutunya, dan dibuat dengan komposisi yang pas, yang dapat disebut mortar berkualitas.

Tukang VS Pabrik

Dalam pembuatan adukan atau mortar yang masih tradisional, bahan baku yang umum digunakan adalah semen, pasir dan air. Jika semen, pasir dan air yang digunakan ini berkualitas dan komposisinya pas, maka mortar yang dihasilkan akan memiliki workability tinggi.

Sayangnya yang sering terjadi dalam pembuatan mortar secara tradisional tidak seperti itu. Kualitas bahan baku seringkali sulit dikontrol karena hanya mengandalkan yang tersedia di toko bahan bangunan terdekat. Misalnya kualitas pasir. Seringkali pasir yang dibeli dari toko material masih harus diayak karena mengandung kerikil, kayu dan kotoran lain. Saat membeli semen pun konsumen masih harus hati-hati. Apakah ada logo SNI-nya? Apakah kemasannya sudah rusak? Apakah semennya masih lunak? Belum lagi jika tukangnya tidak berpengalaman. Tukang yang tidak berpengalaman seringkali salah takar saat membuat adukan dari semen, pasir dan air karena hanya mengandalkan perasaan. Akibatnya, adukan tidak memiliki daya rekat tinggi. Inilah kendala yang sering terjadi dengan mortar atau adukan yang diproduksi secara tradisional.

Berbeda dengan mortar yang diproduksi dengan cara yang lebih maju di pabrik. Harus diakui mortar yang diproduksi secara modern di pabrik memiliki kualitas yang lebih tinggi dan lebih konsisten mutunya dari mortar yang dibuat secara tradisional oleh tukang yang tidak berpengalaman. Mortar produksi pabrik dibuat dengan material pilihan seperti semen, filler, aditif dan pasir silika dengan komposisi yang tepat karena didasarkan pada hasil uji coba lab dan lapangan untuk menghasilkan konstruksi yang rapi, kuat dan tahan lama. Ini mengapa mortar pabrikan selalu menghasilkan workability tinggi yang mampu mempermudah dan mempercepat pelaksanaan konstruksi. Mortar ini umumnya dijual dalam sak berbentuk bubuk. Mortar baru dicampur dengan air di lokasi proyek jika akan digunakan.

Baca Juga  PEREKAT BATA RINGAN MENJADI PILIHAN UTAMA

Gunakan Mortar Berkualitas

Contoh mortar berkualitas yang dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran adalah mortar produksi Drymix. Mortar semen instan produksi Drymix cukup bervariasi dan dibagi menjadi tiga kategori yaitu: mortar untuk pembuatan dinding, mortar untuk pembuatan lantai dan mortar untuk pekerjaan teknis seperti perbaikan permukaan beton.

Mortar produksi Drymix ini bentuknya bubuk, dan penggunaannya sangat memudahkan tukang. Cukup dituang air bersih sesuai anjuran di kemasan dan diaduk menggunakan hand mixer, tukang yang belum berpengalaman pun akan selalu dapat menghasilkan adukan dengan workability tinggi.

Mortar berkualitas ya Drymix!