Perekat Keramik Serbaguna Anti Repot

April 3, 2018

Perlukah menggunakan perekat yang berbeda-beda untuk jenis-jenis tile yang berbeda seperti keramik, batu alam, granit, marmer dan flexi tile? Atau cukup menggunakan semen untuk merekatkan semuanya? Bagaimana jika menggunakan perekat keramik serbaguna, yang tidak hanya mampu merekatkan keramik, tapi juga jenis tile lainnya? Apakah lebih baik?

Selalu Pilih yang Berkualitas

Yang jelas, apapun perekat yang dipilih, pertama-tama pastikan selalu memilih yang sudah terbukti memiliki daya rekat tinggi dan tahan lama. Dalam hal ini, perekat instan sudah terbukti lebih memiliki daya rekat tinggi dan lebih tahan lama dibanding perekat yang dibuat dari semen biasa.

Adukan perekat dari semen biasa, pas tidak campuran adukannya sangat bergantung pada pengalaman dan keahlian tukang. Sementara perekat keramik instan sudah memiliki komposisi campuran semen, filler, aditif dan pasir silika yang takarannya konsisten sejak dari pabrik. Tanpa perlu mengandalkan pengalaman tukang, dengan hanya menambahkan air sesuai anjuran di kemasan dan mengaduknya dengan mikser, akan menghasilkan adukan perekat dengan daya rekat tinggi, anti popping.

Tidak Repot Lebih Baik

Selain kualitas, memilih jenis perekat yang dapat digunakan untuk berbagai jenis tile sekaligus juga lebih baik saat Anda ingin membuat dinding dan lantai menggunakan tile berbeda-beda, karena menghemat pembelian bahan dan lebih praktis.

Contoh perekat tile atau perekat keramik serbaguna, yang tidak hanya mampu merekatkan keramik, tapi juga jenis tile lainnya seperti batu alam, granit, marmer dan flexi tile, adalah Drymix Tile Adhesive Standard dan Drymix Tile Adhesive Plus. Keduanya merupakan contoh perekat keramik serbaguna berdaya rekat tinggi, baik di tempat kering maupun di tempat basah seperti kamar mandi dan dapur. Khusus untuk Tile Adhesive Plus, perekat ini memiliki daya rekat yang sangat baik di tempat basah yang sering terendam air seperti bak penampungan air dan kolam renang. Menggunakan perekat keramik ini, baik keramik, batu alam, granit, marmer atau flexi tile akan menempel dalam waktu lama di tempatnya dipasang.

Mempermudah Pemasangan

Tidak hanya adukannya sangat mudah dibuat, memasang keramik, batu alam, granit, marmer dan flexi tile menggunakan Tile Adhesive Standard dan Tile Adhesive Plus juga sangat mudah dan cepat. Peralatan yang dibutuhkan adalah roskam bergerigi, benang, meteran, palu karet, waterpass dan sikat debu.

Sebelum pengaplikasian, permukaan substrat yang akan diaplikasikan perekat keramik perlu dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran menggunakan sikat. Lalu siram permukaannya dengan air. Pastikan subtrat area kerja sudah mengeras, yang mana untuk beton harus sudah berumur lebih dari 28 hari. Sedangkan untuk screed sudah berumur lebih dari 7 hari. Atur penempatan keramik. Pastikan kelurusannya dengan memasang tali. Aplikasikan adukan Tile Adhesive Standard maupun Tile Adhesive Plus menggunakan roskam bergerigi ke area yang akan dipasangi keramik yang sudah ditandai oleh tali. Rekatkan keramik lalu pukul dengan palu karet. Cek kelurusan keramik terpasang dengan waterpass. Perekat yang meleber ke permukaan keramik sebaiknya dibersihkan dengan air basah sebelum perekat mengering. Tunggu sampai 24 jam sebelum melanjutkan ke pekerjaan pengisian nat.