Semen Instan

Juli 15, 2020

Alasan menggunakan Semen Instan sebagai perekat bata ringan

Dulu orang-orang menggunakan adonan semen biasa, pasir, dan air untuk merekatkan batu-bata satu dengan yang lainnya. Dalam tanda kutip, bata yang digunakan di sini adalah jenis bata merah. Biasanya jenis material ini digunakan pada pembangunan rumah tinggal biasa, baik yang satu lantai maupun dua lantai. Seiring berjalannya waktu, suatu produk selalu makin berkembang untuk memperbaiki kualitas dan sesuai kebutuhan zaman.

Untuk pembangunan gedung-gedung, atau semacam bangunan ruko memanjang dan berlantai sekian misalnya, ada resiko kerusakan yang semakin besar juga di sana jika tidak tepat memilih material bangunannya. Juga dibutuhkan pengerjaan dengan waktu seefisien mungkin, namun tidak membuat beban struktur bangunan itu jadi terlalu tinggi, akhirnya dikembangkanlah jenis bata yang dapat memenuhi kriteria ini. Bata jenis ini disebut sebagai bata ringan atau biasa dikenal dengan hebel. Hebel sedang trendy saat ini. Banyak digunakan untuk membangung gedung-gedung tinggi.

Bata ringan adalah bata yang ukurannya lebih panjang dan lebih tinggi dari ukuran batu merah atau batako sekalipun. Walaupun demikian sesuai namanya, bata ini memiliki bobot yang ringan, bahkan dalam segala aspek produksinya memiliki presisi yang tinggi. Namun semua keunggulan ini masih tidak akan bermanfaat apa-apa bila bahan untuk merekatkan bata ringan ini menggunakan sembarang bahan. Karena bahan perekat bata ringan sudah dianjurkan khusus, harus menggunakan semen macam apa. Karena bata ringan hanya boleh direkatkan dengan semen mortar atau lebih dikenal dengan semen instan. Jika tidak demikian, tetap saja bangunan akan rapuh dan mudah retak karena perekatnya tidak terlalu kuat.

Baca Juga  Cara Praktis Menangani Kolom Beton Gompal Dan Keropos

Semen mortar perekat bata ringan sudah semakin mudah untuk dibeli pada era digital saat ini. Jika Anda tidak dapat menemukannya di toko bangunan terdekat, Anda tinggal membelinya secara online.

Berikut ini 3 alasan umum mengapa semen instan yang harus Anda gunakan sebagai bahan perekat bata ringan:

1. Mudah Dan Praktis Digunakan

Mortar lebih dikenal sebagai semen instan karena kemudahan dan kepraktisan dalam penggunaannya. Anda sama sekali tidak perlu pasir untuk ditambahkan pada adukan semen. Cukup tuangkan saja air dalam jumlah yang disarankan ke dalam ember yang telah berisi semen mortar, lalu aduk supaya tercampur rata. Lalu setelah itu adukan semen pun langsung siap untuk digunakan.

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Meskipun harga semen instan lebih mahal dibandingkan dengan semen biasa, tetapi karena pemakaiannya yang lebih efisien membuat Anda bisa menghemat anggaran pembangunan untuk membayar pekerja selama beberapa hari tertentu yang lebih singkat dari biasanya. Jika Anda menggunakan semen instan, juga Anda tidak perlu membeli pasir lagi karena di dalam campuran semen instan sudah terkandung pasir silika yang memiliki kualitas bagus.

3. Daya Rekat Tinggi

Dengan adanya zat aditif dalam proses produksi semen instan – mortar, bertujuan agar kualitas yang dihasilkan sesuai dengan standar yang telah ditentukan termasuk daya rekatnya.

Itulah alasan mengapa semen instan sangat baik di gunakan sebagai bahan perekat bata ringan.