Step by Step Perbaikan Retak Plester Pada Tembok

Agustus 8, 2017

Bangunan rumah seringkali dinilai memiliki nilai estetika lebih karena memiliki tembok yang halus dan rata bebas dari retak rambut. Lalu apa yang harus dilakukan jika dinding di rumah kita terdapat retak rambut di banyak tempat. Bagaimana cara mengatasi tembok retak tersebut?

Jangan Menunggu Hingga Parah

Orang umumnya segan memperbaiki 1 atau 2 retakan yang dinilai sebagai kerusakan minor di rumah karena tidak mau sedikit-sedikit memanggil tukang. Umumnya orang memutuskan menunggu terjadinya kerusakan-kerusakan lain sebelum melakukan perbaikan, agar sekalian repotnya dan tidak terlalu membuang uang dengan memanggil tukang.

Sayang sekali, karena kini sudah ada alat-alat dan material perbaikan konstruksi yang praktis digunakan. Kita tidak perlu lagi terlalu bergantung pada tukang untuk mengatasi tembok retak.

Gunakan Drymix Concrete Fill dan Drymix Skimcoat

Drymix Concrete Fill dan Drymix Skimcoat adalah dua material siap pakai yang sangat mempermudah mereka yang ingin mengatasi tembok retak. Concrete Fill dibuat dari campuran semen, filler, pasir silika dan aditif yang dikemas dalam satu sak, dengan komposisi yang diformulasi untuk memiliki daya rekat tinggi pada permukaan plester atau beton. Sementara Drymix Skimcoat dirancang untuk menjadi pelapis plester atau dinding beton yang fungsinya mirip seperti acian.

Perlu dicatat bahwa step-by-step perbaikan di bawah ini bukan untuk retak yang terjadi karena penurunan pondasi. Ini adalah step-by-step perbaikan retak plester pada dinding yang disebabkan oleh muai susut serta kualitas material yang kurang baik dengan lebar retak antara 1-6 mm.

Peralatan dan Pengupasan Plester

Dimulai dengan menyiapkan peralatan yang terdiri dari gerinda, palu besi, pahat, ember, sikat debu, kape plastik, kape besi, sendok semen, mixer dan kassa membran.

Baca Juga  Solusi Mengatasi Tembok Rumah Retak

Lanjutkan dengan tahap pengupasan di mana permukaan plester di sepanjang area yang retak harus digrinda dan dikupas hingga ke dasar bata ringan. Lalu bersihkan area yang telah dikupas tersebut dari debu, minyak dan kotoran lain menggunakan sikat yang tidak terlalu kaku. Kemudian siram area tersebut menggunakan air hingga terlihat lembap dan bersih.

Membuat Adukan dan Pengaplikasian

Membuat adukan Concrete Fill sangat mudah. Cukup tuangkan air bersih pada bubuk Concrete Fill sesuai petunjuk di kemasan, aduk di dalam ember menggunakan hand mixer selama 3-5 menit, adukan siap diaplikasikan. Isikan Concrete Fill pada area yang telah dikupas. Lalu tempelkan kawat ayam atau kassa membran pada area tersebut, sebelum melapisinya lagi dengan Concrete Fill hingga kain kassa tertutup. Biarkan selama 1 hari.

Buat adukan Drymix Skimcoat dengan menambahkan air bersih ke bubuk Skimcoat, lalu aplikasikan ke lapisan Concrete Fill yang telah berumur 3 hari. Perbaikan retak plester seperti ini akan menghasilkan permukaan dinding yang halus dan rata penuh estetika.