Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Dinding Dan Lantai Batu Alam

Februari 6, 2017

Dinding dan lantai batu alam menawarkan banyak kelebihan sebagai elemen arsitektur. Salah satunya, material batu alam mampu menghadirkan kesan alami atau natural. Inilah penyebab ruangan yang dinding atau lantainya menggunakan batu alam bisa terasa teduh dan menenangkan.

Material batu alam cocok diaplikasikan ke berbagai gaya rumah, baik modern, tradisional maupun minimalis.

Namun untuk mengaplikasikan batu alam pada dinding atau lantai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Memastikan Ukuran

Dalam persiapan membuat dinding atau lantai batu alam, perlu dilakukan pengukuran terlebih dahulu untuk mendapatkan luas bidang yang akan menjadi tempat pengaplikasian batu alam. Jumlah kebutuhan batu alam baru dapat ditentukan setelah luas bidang kerja diketahui.

Memilih Jenis Batu Alam

Memilih batu alam sebaiknya tidak hanya dari warna dan harga saja. Sifat batu juga perlu dipertimbangkan, seperti tahan cuaca atau tidak, apakah cocok untuk interior atau eksterior. Lalu jangan lupa, biaya perawatannya juga perlu dipertimbangkan.

Pemasangan Batu Alam Membutuhkan Perekat Kuat

Teknik pemasangan batu alam sebenarnya hampir sama dengan pemasangan keramik. Keduanya membutuhkan perekat yang kuat daya rekatnya. Namun dalam pemasangan batu alam presisi peletakan tidak selalu ditekankan terutama jika bentuk dan ukuran batu alamnya tidak rata. Dalam pemasangan batu alam, cara merekatkan cenderung lebih hati-hati karena batu alam tebal dan berat. Inilah mengapa untuk dinding, batu alam dipasang dari bagian bawah ke atas.

Perekat Serbaguna Dari Drymix

Salah satu perekat batu alam yang sangat cocok digunakan untuk pemasangan batu alam adalah Tile Adhesive Standard dari Drymix. Perekat serbaguna ini dapat digunakan untuk merekatkan batu alam dan juga material pelapis lantai atau dinding lainnya seperti keramik, marmer, granit dan flexi tile. Menggunakan Tile Adhesive Standard sebagai perekat, material pelapis tidak perlu direndam, material sudah melekat kuat.

Baca Juga  Cara Praktis Menangani Kolom Beton Gompal Dan Keropos

Pencampuran dan pengaplikasian Tile Adhesive Standard Drymix sangat praktis. Untuk 40kg bubuk Tile Adhesive Standard, pencampurannya cukup dengan menuangkan air bersih sebanyak 10-11 liter. Aduk 3-5 menit hingga homogen dan membentuk pasta. Perekat siap digunakan.

Pengaplikasian Tile Adhesive Standard dilakukan menggunakan trowel bergerigi. Batu alam direkatkan sambil ditekan, kemudian pukul menggunakan palu karet sampai padat.